Betang Toyoi, Betang Tumbang Malahoi

 Artikel Dayak

rumah-betang_toyoi

Rumah Betang “Toyoi” merupakan objek wisata budaya yang terletak di desa Malahoi, kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas. Betang ini merupakan rumah peninggalan Almarhum Panjat  Bin Toyoi yang dibangun pada tahun 1894-1901 dan menempati areal  1 hektar.

Keaslian rumah betang masih terjaga walaupun pernah dilakukan renovasi beberapa kali. Penghuninya terdiri dari beberapa keturunan langsung dari Toyoi. Sarana dan Prasarana  penunjang masih sangat kurang. Waalupun sudah dilengkapi dengan penerangan deas, namun air bersih, kamar mandi, tempat sampah, warung makan dan toko penjualan souvernir, belum tersedia.

Untuk mencapai Betang Toyoi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat melalui jalan darat, dengan jarak tempuh ± 73,1 km dari Kota Kuala Kurun. Dikelola oleh keluarga keturunan yang menghuni betang tersebut, karena betang ini telah masuk dalam kategori cagar wisata budaya maka pemerintah juga ikut membantu dalam pemeliharaan.

Seluruh bangunan masih asli dan masih tersimpan sebuah guci dengan cerita mitos yang unik yang dikenal dengan nama Halamaung Putri Anding Sawung.

(sumber: gunungmaskab.go.id)

Author: 

Tabe, Salam Isen Mulang, Adil Katalino Bacuramin Kasaruga Basengat Ka Jubata.

Related Posts

Leave a Reply