Sejarah Kota Palangkaraya

 Artikel Dayak

PERNYATAAN

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, ialah para Tetuha dan Pemuka Rakyat di Pahandut (Kecamatan Kahayan Tengah) setelah mengetahui dan mendengar, bahwa fihak Pemerintah ada mempunyai hasrat untuk untuk menjadikan Pahandut sebagai Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah, maka dengan ini kami menyatakan kegembiraan dan terima kasih yang tidak terhingga terhadap hasrat Pemerintah tersebut.

Menurut pengetahuan kami, memang Pahandut adalah satu-satunya daerah yang cocok sekali untuk dibangun menjadi Ibu Kota, baik dilihat dari segi pembangunan, maupun dari segi perhubungan antar Daerah di Wilayah Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu, kami mengharap supaya hasrat Pemerintah yang hendak menjadikan Pahandut sebagai Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah, diteruskan hingga menjadi kenyataan.

Kami para Tetuha da para Pemuka Rakyat Pahandut akan membantu sepenuhnya dan menegaskan pula di sini, bahwa tanah-tanah yang diperlukan untuk pembangunan Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah sepanjang kebutuhannya, kami bersedia untuk

memberikannya dengan senang hati, dan tidak akan meminta pembayaran apa-apa, kalau seandainya ada sebagian kecil yang sudah menjadi milik Rakyat,

 

Pahandut, 30 Januari 1957

Tanda Tangan Kami,

1. Abd. Inin d.t.t. Abd. Inin

2. St. Rasad d.t.t. St. Rasad

3. H. Tundjan d.t.t. H. Tundjan

4. Buntit Sukah d.t.t. Buntit Sukah

5. Dinan Gani d.t.t Dinan Gani

6. J. Rasan d.t.t. J.Rasan

7. Tueng Kaling d.t.t. Tueng Kaling

 

Pernyataan ini disampaikan dengan hormat kepada :

1. Yth. Gubernur/Pembentuk Propinsi Kalimanta tengah.

2. Yth. Acting Gubernur Kalimantan Selatan.

3. Inspeksi Pekerjaan Umum Propinsi Kalimantan.

4. Badan Pekerja Dewan Rakyat Kalimantan Tengah.

 

Dikutip dari : Tjilik Riwut (1958) Kalimantan Memanggil. Endang. Jakarta.

 

Catatan :

Singkatan dari nama Damang H.S. Tundjan dalam buku tersebut memang hanya H. Tundjan (tanpa huruf S), namun dipastikan bahwa yang dimaksud adalah Damang Herman Syawal Tundjan (H.S. Tundjan).

 

Author: 

Tabe, Salam Isen Mulang, Adil Katalino Bacuramin Kasaruga Basengat Ka Jubata.

Related Posts

Leave a Reply