Gelang Akar Bahar

 Cerita Dayak

Ada lagi semacam akar bahar yang disebut ratu akar bahar dan tumbuhnya BUKAN di tepi pantai laut, celah-celah batu karang, melainkan di pegunungan. Akar ini sangat jarang dan sukar didapati orang. Kalaupun ada, ia timbul di tempat-tempat yang tersembunyi di gua-gua atau didalam rimba raya yang lebat dan sukar ditempuh manusia. Dipercaya ratu akar bahar mengandung obat yang dapat menyembuhkan bermacam-macam penyakit.

 

Jenis akar bahar abu-abu bertangkai tebal dan pada ujungnya runcing seperti tanduk rusa. Sedangkan akar bahar putih sangat jarang didapati orang. Mungkin agak sukar mengambilnya karena akar ini kebanyakan tumbuh di dasar laut yang berombak keras. Warna akar bahar putih ini persis warna kembang kemuning yang sudah kering.

 

Orang-orang Maluku dapat membedakan antara akar bahar jantan dan betina. Yang jantan dapat dikenali dari tangkainya yang panjang-panjang, sedangkan yang betina bertangkai pendek.

 

Akar bahar sering digunakan sebagai gelang, kalung dan perhiasan, tetapi juga diyakini memiliki khasiat memuntahkan racun yang termakan orang, misalnya terkena racun ikan, rajungan, kepiting dan jenis ikan laut lainnya. Beberap juga meyakini menggunakan akar bahar akan menolak segala jenis guna-guna jahat dan dalam mencari nafkah hidup sehari-hari lebih ulet, tahan uji dan kuat menahan godaan.

 

(sumber: folksofdayak.wordpress.com)

Author: 

Tabe, Salam Isen Mulang, Adil Katalino Bacuramin Kasaruga Basengat Ka Jubata.

Related Posts

Leave a Reply