Optimation SEO WordPress Dengan Robots.txt

 Kabar

seo

SEO atau search engine optimation adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pemilik blog atau website untuk mendapatkan trafik dan jangkauan pengguna yang lebih luas lewat search engine yang tersedia di Internet, utamanya Google. Salah satu kehebatan WordPress adalah telah handal sisi SEO-nya, tanpa dilakukan modifikasi apapun. Namun, kita masih bisa melakukan optimasi kemampuan SEO di WordPress dengan menambahkan plugin sitemap generator, SEO Search Term, All in One SEO Pack dll.


Berbagai upaya ingin saya lakukan untuk Optimasi Website dimulai dari memilih nama domain, menggunakan kata kunci, membuat artikel, dan memasang berbagai plugin yang mendukung SEO, termasuk plugin yang satu ini yang telah berhasil saya setting yaitu plugin robots.txt.

“file robots”Robots.txt adalah sebuah file yang berisi kode-kode yang berfungsi untuk menginstruksikan robot-robot search engine untuk dapat menjelajahi dan mengindex seluruh atau sebagian halaman  website/blog. Mengapa saya katakan sebagian halaman saja ? Karena tidak semua file atau folder harus di index oleh search engine, misalkan folder admin atau folder yang berisi dokumen-dokumen penting.

Pada tutorial kali ini kita akan melakukan optimasi robot.txt, sebuah file yang krusial sebagai patokan search engine melakukan crawling/penjelajahan ke website kita. Untuk pengguna WordPress, file robot.txt tidak secara langsung disediakan sehingga kita harus membuatnya dulu dan menguploadnya di server.
Adapun isi robot.txt yang direkomendasikan oleh WordPress adalah:

User-agent: *
Disallow: /cgi-bin
Disallow: /wp-admin
Disallow: /wp-includes
Disallow: /wp-content/plugins
Disallow: /wp-content/cache
Disallow: /wp-content/themes
Disallow: /trackback
Disallow: /feed
Disallow: /comments
Disallow: /category/*/*
Disallow: */trackback
Disallow: */feed
Disallow: */comments
Disallow: /*?*
Disallow: /*?
Disallow: /go/

Allow: /wp-content/uploads

# Google Image
User-agent: Googlebot-Image
Disallow:
Allow: /*

# Google AdSense
User-agent: Mediapartners-Google*
Disallow:
Allow: /*

# digg mirror
User-agent: duggmirror
Disallow: /

Sitemap: http://www.humabetang.web.id/sitemap.xml

Notes: Silakan ganti variable URL situs dengan situs anda. Selamat mencoba

Author: 

Tabe, Salam Isen Mulang, Adil Katalino Bacuramin Kasaruga Basengat Ka Jubata.

Related Posts

Leave a Reply